Masjid Al-Tan’im

Tan’im merupakan  batas tanah haram Makkah dari arah Madinah, terletak di sebelah utara Makkah,  jaraknya atara Tan’im dan Bab Umrah di Makkah kurang lebih 7 km. Tempat tempat yang berdekatan dengan Tan’im memiliki beberapa nama diantaranya gunung yang letaknya di sebelah selatan dinamakan gunung Na’im, sedangkan gunung yang letaknya di sebelah utara dinamakan gunung Mun’im, dan wadi (lembah) yang berada di tempat tersebut dinamakan wadi Nu’man atau wadi Tan’im.

Diriwayatkan sesungguhnya Nabi saw melakukan ihram untuk umrah dari tempat ini. Dan riwayat lainya Rasulallah saw memerintahkan Abdurahman bin Abubakar ra untuk membawa adiknya ‘Aisyah, istri Nabi saw, ke Tan’im untuk berihram dari sana waktu ia akan melakukan umrah setelah haji wada’ bersama Nabi saw masih dalam bulan Dzul Hijjah. Di tempat ini kemudian didirikan sebuah masjid yang dikenal dengan nama masjid Tan’im atau masjid siti ‘Aisyah ra.

Juga masjid ini dikenal penduduk setempat dengan nama masjid “Khaimah Jumanah”. Jumanah adalah puteri Abu Thalib, adik perempuan Ali bin Abi Thalib. Tapi masjid itu lebih tersohor dengan nama masjid Tan’im atau “masjid ‘Aisyah”

Konon dari dahulu masjid ini telah direnovasi berkali kali dan sekarang masjid ini telah menjadi masjid terbesar di daerah Al-Umrah yang penuh dihuni dengan penduduk. 

 

About these ads