Desa Al-Abwa’

Al-Abwa’ adalah daerah yang terletak di perjalanan antara kota Madinah dan Makkah berjaraknya kurang lebih 140 km dari Madinah menuju arah Makkah. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Tempat ini tidak banyak dihuni pendukuk. Di sana ibu Rasulallah saw, Aminah binti Wahab bin Abdu manaf bin Zuhrah bin Kilab, wafat sepulangnya dari Madinah setelah bersilaturahim dengan keluarga suaminya dari bani ’Uday bin an-Najjar dan berziarah ke makam suaminya Abdullah bin Abdul Muthalib yang wafat di Madinah dalam perjalanan dagang ke Syam pada usia 25 tahun dan Rasullallah saw pada saat itu belum lahir masih dalam kandungan ibunya. 

Sepulangnya Aminah dari Madinah bersama sama Rasulallah saw yang pada saat itu berusia 6 tahu dan budak permpuannya Ummu Ayiman, ia singgah di perkampungan al-Abwa’ karena sakit keras, kemudian wafat di tempat itu. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana penderitaan Rasulallah saw yang masih berusia 6 tahun di saat ditinggalkan oleh ibunya di tempat terpencil jauh dari keluarga dan kampung halamannya.

Sebelum Ibunya meninggal dan dimakamkan di sana, Nabi saw yang baru berusia 6 tahun dititipkan kepada Ummu Ayiman untuk diserahkan kepada kakeknya Abdul Muthalib. Dan atas pertolongan penduduk al-Abwa’, Nabi saw dan Ummu Ayiman dipulangkan ke Makkah. Beliau diserahkan kepada Abdul Muthalib yang  mengambil alih tanggungjawab merawat beliau.

Diriwayatkan dalam sirah nabawiyah bahwa di saat penaklukan kota Makkah Rasulallah saw melewati daerah al-Abwa’, tempat dimana ibu beliau dimakamkan. Beliau meminat izin kepada Allah untuk menziarahi kuburannya. Setelah mendapat izin dari Allah beliau berdiri di muka pusara ibunya menangis dan suara tangisan beliau didengar oleh para sahabat.  Wallahu’alam