Pemakam Muhajirin

Pemakaman ini teletak di turunan daerah Rai’ul al-Kahl ke arah menuju az-Zahir, jaraknya dengan jembatan Rai’ul al-Kahl kurang lebih 200 meter, dan disekelilingnya telah dibangun rumah rumah penduduk. pemakaman ini sekarang telah dibatasi dengan tembok yang mengelilinginya.

Adapun sebab dinamakanya dengan pemakaman Muhajirin karena seorang sahabat Nabi saw, Jundub bin Dhamrah selalu mendapat penganiyayaan dari kafir Makkah setelah masuk agama Islam. Karena takutnya ia lalu berangkat berhijrah ke Madinah. di pejalanan ia meninggal dan dimakamkan di tempat ini. Kemudian turun wahyu atas diri Jundub yang berbunyi: 

وَمَن يَخْرُجْ مِن بَيْتِهِ مُهَاجِراً إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلىَ اللَّهِ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَّحِيماً

”Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Pemakaman Muhajirin ini sampai sekarang masih aktif digunakan penduduk setempat.